Jumat, 12 Februari 2010

Sarana berfikir ilmiah sebagai media Filsafat

Sarana ilmiah pada dasarnya merupakan alat yang membantu kegiatan ilmiah yang membantu kegiatan ilmiah dalam berbagai langkah yang harus ditempuh. Pada langkah tertentu biasanya diperlukan sarana yang tertentu pula. Maka dari itu sebelum kita mempelajari sarana berfikir ilmiah maka kita perlu lebih dahulu menguasai langkah-langkah dalam kegiatan ilmiah. Dengan jalan ini maka kita akan sampai pada hakekat sarana yang sebenarnya, sebab sarana merupakan alat yang membantu kita dalam mencapai suatu tujuan tertentu. Sarana berfifir ilmiah mempunyai fungsi-fungsi yang khas dalam kaitan kegiatan ilmiah secara menyeluruh.
Untuk dapat melakukan kagiatan berfikir ilmiah dengan baik maka diperlukan sarana yang berupa Bahasa Logika, matematika dan statistika.. Bahasa merupakan komunikasi verbal yang dipakai dalam berbagai proses berfikir ilmiah dimana bahasa merupakan alat berfikir dan alat komunikasi untuk menyampaikan jalan fikiran tersebut kepada orang lain.
Ditinjau dari pola berfikirnya maka ilmu merupakan gabungan antara berfikir deduktif dan berfikir induktif . untuk itu maka penalaran ilmiah menyadarkan diri pada proses logika deduktif dan logika deduktif.Matematika memiliki peranan yang sangat penting dalam berfikir deduktif ini, sedangkan statistik mempunyai peranan penting dalam berfikir induktif. Proses pengujian dalam kegiatan ilmiah mengharuskan kita menguasai metode penelitian ilmiah yang pada hakekatnya merupakan mengumpulkan fakata untuk mendukung atau menolak hipotesa yang diajukan. Kemampuan berfikir ilmiah yang baik harus didukung oleh penguasaan sarana berfikir ini dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar